Cagub PDIP Tebar Opini

 

FAJARSUMATERA - Semakin mendekati rekomendasi yang akan dikeluarkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terhadap calon gubernur dan wakil Gubernur Lampung, spekulasi bertaburan melalui short massage service (SMS). Masing-masing tim sukses bakal calon menebar spekulasi bahwa Megawati merekomendasikan calon A, B dan calon C.

ilustrasi

ilustrasi

Padahal, sampai Selasa (25/6) kemarin, DPP PDIP belum menetapkan siapa calon gubernur Lampung dari PDIP. Diperoleh informasi, memang DPP PDIP kini sedang inten membahas delapan calon gubernur Lampung yang mendaftar ke PDIP.

Dari sejumlah cagub yang mendaftar ke PDIP, ada tiga nama cagub yang mulai mengguat dan terjadi tarik-menarik. Tiga cagub yang sama-sama optimis mendapat rekomendasi dari Megawati yaitu, Joko Umar Said, Berlian Tihang dan Herman HN.

Cagub MS Joko Umar Said yang dari jauh menggandeng Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri, optimis mendapat rekomendasi dari Megawati. Begitu juga Berlian Tihang, juga optimis. Informasi Berlian Tihang akan menggandeng putra Gubernur Lampung Sjachroedin ZP, Aryodhia. Tapi bisa saja Berlian juga digandengkan dengan Mukhlis Basri. Sementara Herman HN, bisa mendapat rekomendasi dari PDIP namun cagubnya juga Aryodhia.

Kabar terkini yang mulai merebak di Lampung kalau Herman HN bakal mendapat rekomendasi Megawati. Herman HN kata sumber sangat berpeluang untuk diusung PDIP. Karena berdasarkan survei popularitas dan elektabilitas Walikota Bandarlampung ini paling tinggi yakni 36 persen dibandingkan calon lain.

Anggota Bidang Pemerintahan Nasional DPP PDIP Hj Nurhasanah SH MH, saat dimintai keterangannya mengungkapkan, meski rapat belum memutuskan siapa cagub yang diusung, namun Herman HN memiliki peluang diusung PDIP lantaran tingkatan survey popularitas dan elektabilitas yang bersangkutan paling tinggi.

Herman, kata Nurhasanah, meraih suara tertinggi dibanding 7 cagub lain yang sebelumnya mendaftar ke PDIP. “Rapat hari ini (kemarin, red) masih ditunda dan belum memutuskan apa-apa. Tapi dari rapat tingkatan survei Herman HN tertinggi,” kata Nurhasanah, melalui sambungan telepon, Selasa (25/6).

Wakil Ketua DPRD Lampung ini meyakini hasil rapat sementara tersebut bisa dijadikan pertimbangan Megawati untuk merekomendasi Herman HN sebagai cagub partai berlambang banteng moncong putih itu. “Kita sangat yakin, Herman HN akan diusung PDIP karena melihat hasil survei ini. Kita lihat saja nanti rekomendasi yang dikeluarkan Bu Mega,” sergahnya.

Lebih jauh, Nur memastikan rekomendasi PDIP akan dikeluarkan pada Kamis (27/6) besok. Sebab, 28 Juni mendatang merupakan penutupan pendaftaran cagub/cawagub di KPU Lampung. “Insya Allah Kamis sudah keluar. Karena pendaftaran terakhir di KPU kan tanggal 28 Juni. Jadi sebelum pendaftaran ditutup, kita sudah ajukan nama calon dari PDIP,” tukasnya. FS-jamhari/hendra saputra]

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*