Peningkatan Sektor Pertanian di Way Kanan Tumbuh Pesat

6-foto ADV UTAMAFAJARSUMATERA - Peningkatan sektor pertanian dan perkebunan di Kabupaten Way Kanan, dewasa ini tumbuh subur dan semakin pesat perkembangannya, hal ini menunjukan semakin meningkatnya pertumbuhan sektor perekonomian di masyarakat, sehingga kesejahteraan akan terwujud. Serta mewujudkan Way Kanan sebagai bumi petani.

Untuk mengetahui sejauh mana pertumbuhan sektor pertanian dan perkebunan, yang merupakan salah satu program unggulan Pemkab Way Kanan, Fito dan Sunarto wartawan Fajar Sumatera Biro Way Kanan, mewawancarai Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Way Kanan Raden Iskandar, beberapa hari lalu, berikut petikannya.

Langkah awal untuk memberikan pengertian kepada masyarakat ?

Menumbuhkan motivasi dan pengertian kepada masyarakat, memerlukan waktu yang tidak singkat, namun terus dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan, dalam rangka untuk memanfaatkan lahan yang selama ini dikenal sebagai lahan tidur, sehingga lahan tersebut tidak menghasilkan manfaat yang berarti bagi masyarakat, namun kini telah banyak masyarakat yang mulai mengerti dan memahami akan arti pentingnya lahan tidur tersebut bila dirubah menjadi lahan yang produktif.

Keterlibatkan Stokholder sendiri ?

Dalam kaitannya untuk mewujudkan bumi petani, tentunya juga diperlukan adanya partisipasi dari seluruh elemen masyarakat, tidak terkecuali petani itu sendiri. Bagaimana mau dikatakan bumi petani, kalau petaninya sendiri masih ogah-ogahan untuk mengolah-lahan-lahan tidur yang mereka miliki, dan hanya dibiarkan untuk ditumbuhi oleh rumput-rumput liar.

Fungsi PPL dalam menumbuh kembangkan semangat kepada petani ?

Pemberdayaan tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) juga merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam meningkatkan taraf hidup petani itu sendiri. Dimana para PPL ini memiliki tugas dan fungsinya sebagai pedamping petani untuk meningkatkan hasil pertanian, yakni dengan cara melakukan pemyuluhan dan bimbingan kepada petani, mulai dari pengolahan lahan, pemilihan bibit, penanaman dan perawatan, hingga masa panen tiba.

Tentunya dengan disiplin ilmu serta motivasi jiwa pengabdian dari PPL ini, yang tidak bosan-bosannya akan selalu memberikan pengertian kepada petani, sehingga petani akan memahami dan mengerti akan tujuan bertani, sehingga petani akan mampu meningkatkan hasil-hasil petaniannya, yang dapat mendukung kesejahteraan mereka.

Bagaimana dengan SDM yang ada ?

Peningkatakan kualitas sumberdaya manusia, khususnya di PPL, adalah target utama dari Dinas Pertanian, Peternakan dan perikanan, yakni akan memberikan mereka pendidikan, baik yang berhubungan dengan pertanian, peternakan dan perikanan, baik dipendidikan formal, mauapun pendidikan non formal, di dan di luar wilayah Way Kanan. Sehingga keberadaan PPL ini akan selalu dinantikan oleh para petani yang ada.

Selain PPL, yang dibutuhkan untuk menunjang peningkatan hasil panen petani ?

Sarana dan prasarana saprodi dan alat pertanian juga tidak kalah pentingnya, untuk membantu meningkatkan hasil dan kualitas panen para petani, khususnya untuk tanaman padi jagung, dan palawija, sehingga dengan saprodi yang lengkap dan mudah didapat, petani akan mampu untuk meningkatkan hasil panennya.

Perhatian Dinas atas nama Bupati untuk peningkatan hasil panen ?

Upaya yang dilakukan oleh Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan atas nama Pemkab Way Kanan selalu membantu petani, dalam hal pemberian bibit padi jenis unggul secara gratis, pupuk, dan obat-obatan yang dibutuhkan oleh petani.

Selain bibit, pupuk dan obatan-obatan pertanian, pemkab Waykanan juga melalui Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan juga telah membantu pengadaan hendtraktor yang diberikan ke kelompok-kelompok tani, tujuannya untuk mempermudah mereka dalam menggarap lahan pertaniannya, sehingga pada musim tanam, mereka akan tepat waktu untuk melakukannya.

Hal ini terbukti hasil pada tahun 2012 telah mengalami peningkatan. Komoditi utama pada sektor pertanian di Kabupaten Way Kanan adalah padi sawah, dengan total produksi pada tahun 2012 sebesar 156.47 ton, atau mengalami kenaikan rata-rata sebesar 98% dari tahun 2011. Hasil panen ini juga menunjukan bahwa upaya swadaya pangan di Waykanan, untuk tahun-tahun berikutnya akan mampu diwujudkan.

Bagaimana dengan pengembangan sektor peternakan dan perikanan ?

Selain disektor Pertanian, sektor peternakan dan perikanan juga mendapat perhatian untuk dikembangkan menjadi salah satu sektor unggulan yang ada di Waykanan, karena potensi yang diwiliki oleh Way Kanan sangat menunjang untuk pengembangan itu. Untuk budidaya ikan tawar, masih banyak lahan yang dapat digunakan untuk pengembangannya, baik melalui kolam, maupun keramba-keramba apung, sehingga tidak menutup kemungkinan komoditas budidaya ikan tawar di Way Kanan akan mampu dikembangkan secara maksimal.

Peluang dan pemasaran ikan tawar segar di Way Kanan ?

Peluang dan pemasaran komoditas ikan tawar ini di waykanan masih sangat besar, terbukti bahwa untuk pemaskan ikan tawar segar, masih banyak daerah-daerah yang berasal dari luar Way Kanan yang memasoknya guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan ikan tawar segar ini. Yang lebih praktis dalam pelaksanaan program budidaya ikan tawar ini adalah menggunakan kolam ikan yang bahannya dari terpal plastik untuk pembuatan kolamnya, metode pembuatan kolam ikan jenis ini, selain harganya terjangkau, dan mengerjakannya sangat mudah dan prakktis.

Pemberdayaan kelompok tani ikan ?

Untuk masyarakat petani ikan ini juga kedepan akan dibentuk kelompok-kelompok petani, sehingga mereka akan kintinyu dan sungguh-sungguh untuk menjadi petani ikan, kan dah ada Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA), nanti melalui organisasi, pengembangan dan budidaya ikan tawar akan dikembangkan dan dibina oleh Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan, baik permasalahan bibit maupun bantuan lainnya.

Bagaimana peluang dengan sektor peternakan?

Sedangkan untuk sektor peternakan sendiri, saat ini Bupati Way Kanan H. Bustami Zainudin sedang menggalakan program peternakan kambing kepada masyarakat, dengan memberikan bibit kambing secara gratis, untuk dikembangkan oleh masyarakat, guna meningkatkan pendapatan keluarga bagi masyarakat, dimana pemberian bibit kambing ini sebanyak 5 ekor, dengan harapan setelah ternak kambing ini berjalan dan menghasilkan, maka diharapkan dari hasil penjualan kambing ini, masyarakat akan mampu mengembangkan peternakannya ke sapi, sehingga usaha tersebut akan maju. Dan Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan beruoaya dengan semaksimal mungkin untuk selalu memberikan bimbingan dan pengarahan kepada para petani, guna meningkatkan taraf hidupnya, dari sektor pertanian, peternakan maupun dari sektor perikanan. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*