Fajar SumateraPlus Lebih Tahu Sumatera

Home | Ragom Saburai | Tanjungkarang | Sumatera | Politik | Berita Utama |

Dua Tersangka DAK Sudah Sidang Satu Berkas Mandek di Polda Lampung

On 22-04-2013 Written by choco lie

11FAJARSUMATERA - Berkas kasus dugaan korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Pesawaran tahun 2010, yang melibatkan Direktur PT. Bermucaro, H. Berkah Mofaje Carofeboka, dari tiga tersangka yang ditetapkan penyidik Polda Lampung, belum juga dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung.

 

Padaha, sebelumnya Polda Lampung telah menetapkan tiga tersangka DAK Pesawaran yakni Isnaini selaku Kadisdik Pesawaran, Umar Mukhtar dan H. Berkah Mofaje Carofeboka. Namun, Isnaini dan Umar sudah disidangkan, sedangkan Mofaje masih mandek di Polda.

Seperti diketahui, mandeknya berkas tersangka H.Berkah Mofaje Carofeboka di Polda Lampung sudah satu bulan, dikarenakan Kejaksaan sudah beberapa kali mengembalikan berkas tersebut untuk dilengkapi oleh penyidik Polda.
Kasipenkum Kejati Lampung, Heru Widjatmiko, mengatakanjika hingga saat ini, pihaknya belum juga menerima pelimpahan dari penyidik Polda Lampung dengan tersangka H.Berkah Mofaje Carofeboka atas kasus dugaan korupsi DAK Pesawaran Tahun 2010.
“Saya nggak tahu kenapa berkasnya sampai sekarang belum juga dilimpahkan, tanyakan saja kesana (Polda) kenapa belum dilimpahkan kesini (kejati),” kata Heru, Minggu (21/4)
Heru menuturkan, pihaknya juga sudah melayangkan P20 yakni untuk mempertanyakan berkas tersebut kepada penyidik Polda.”Yang jelas kami tidak tahu apa kendalanya, sehingga membuat Polda Lampung belum melimpahkan kembali berkas (Mofaje) itu ke Kejati. Tapi kami sudah layangkan P20 untuk mempertanyakan itu (berkas),”kilahnya saat dihubungi melalui telepon genggamnya minggu (21/4).
Dijelaskan Heru, setiap berkas yang dikembalikan kepada penyidik Polda untuk dilengkapi merupakan tanggungjawab penyidik Polda untuk memenuhi petunjuk jaksa.“Waktu kita hanya 14 hari untuk menyatakan sikap, bahwa berkas itu sudah lengkap atau belum. Kalau belum lengkap yah, kita kembalikan. Jadi yang diberikan tenggat waktu itu kami (jaksa) bukan Penyidik Polda,” ungkap Heru
Heru mengharapkan, penyidik Polda Lampung segera melimpahkan berkas atas nama H.Berkah Mofaje Carofeboka ke Kejati, agar dapat segera disidangkan.
“Kalau sudah dilengkapi petunjuk jaksanya oleh penyidik, segeralah limpahkan secepatnya ke kami. Jangan berlama lama, sebab batas waktu kami Cuma 14 hari. Kalau sudah lengkap kan, tinggal kami buat dakwaannya saja untuk dilimpahkan ke persidangan,” ujarnya.
Terpisah, Kabid Humas Polda Lampung, AKBP.Sulistyaningsih, mengatakan berkas perkara atas nama H.Berkah Mofaje Carofeboka masih dilengkapi. “Berkasnya masih dilengkapi mas dan masih dik (penyidikan) serta masih kami proses kok,” timpal Sulis. [FS-sapto f].

Posted in Berita utama, Modus

Be the first to post a comment.