2014 Pemkab Bangun Pusat Kota

Ilustrasi pusat kota

Ilustrasi pusat kota

FAJARSUMATERA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus berniat membangun sarana dan prasarana di semua kecamatan yang ada di kabupaten Tanggamus, termasuk Kecamatan Kotaagung sebagai ibu kota kabupaten. Hal tersebut diungkapan sekretaris dearah kabupaten (Sekdakab) Tanggamus Ir.Gunawan Tarwin Wiyatna,MM, di ruang kerjanya Kamis (11/4).

Menurutnya  pembangunan sarana dan prasarana di kecamatan Kotaagung berupa Gedung Olahraga (GOR), Terminal besar dan Jalan Lingkar Kotaagung.
“Di periode ke 2 pak Bambang memimpin Tanggamus, beliau sudah memiliki rencana untuk menjadikan kecamatan Kotaagung, Kotaagung Timur dan Kotaagung Barat sebagai kecamatan yang ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai seperti sarana GOR,Terminal dan Jalan lingkar,” ujar Gunawan.

Dikatakannya, pembangunan itu dilaksanakan pada tahun 2014, karena pada saat ini pemkab tengah fokus melakukan perbaikan infrastruktur di desa-desa dan daerah terpencil.

“Kenapa harus 2014, karena sekarang pemkab sedang fokus untuk melakukan pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang ada didesa-desa dan daerah terpencil lainnya,” jelasnya.
Pembangunan jalan lingkar luar, lanjut Gunawan, yang rencananya akan mulai dikerjakan tahun 2014 mendatang ini merupakan Jalan alternatif sepanjang 14,4 km dengan anggaran sebesar Rp70 miliar yang bersumber dari APBN. Pemkab Tanggamus sendiri sudah menyiapkan dana untuk pembebasan lahan.
Terkait dengan pembangunan jalan lingkar, Kabid Bina Program dan Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum (PU) kabupaten Tanggamus Retno Noviana belum lama ini menjelaskan, bahwa Pembangunannya nanti akan melawati dua Kecamatan dan sembilan pekon, yakni untuk Kecamatan Kotaagung Timur pekon yang dilalui adalah pekon Talangrejo, Kampung Baru, Tanjung Anom, Sedangkan Kotaagung, yang akan dilalui yakni Pekon Kedamaian, Teratas, Terdana, Negeriratu, Pardasuka dan Penanggungan.
Retno menjelaskan, Selain jalur dua yang memiliki lebar 12 meter dengan panjang 14,4 kilo meter, dijalan lingkar ini juga akan dibangun 7 unit jembatan.” Pusat juga sudah siap menganggarkan dana, hanya saja harus menyelesaikan persoalan pembebasan lahan,” jelasnya.
Sedangkan untuk pembangunan GOR,lanjutnya, dananya berasal dari Kementerian pemuda dan olahraga (Kemenpora) dengan kucuran dana Rp 7,5-10 Milyar yang diproyeksikan pembangunannya pada tahun 2013 mendatang,untuk lahan pemkab Tanggamus telah menyiapkan lahan seluas hampir dua hektar di pekon Kotaagung kecamatan Kota Agung.
“Tidak berhenti sampai disitu, karena sadar selama ini Kotaagung belum memiliki terminal besar yang representatif maka pemkab, berencana akan membangun terminal besar di pekon Kedamaian Kotaagung, lokasinya nanti berdekatan dengan jalan luar lingkar,” pungkasnya. [FS-budi/said]

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*