Herman HN: Penggali Kabel Harus Izin Saya

FAJAR SUMATERA - Wajar kalau Walikota Bandarlampung Drs H Herman HN, MM, marah terkait penggalian kabel yang ada di kota ini. Masyarakat pun dongkol, karena belum lama ini ada penggilan kabel sudah digali lagi.

Sejumlah ruas jalan di Bandarlampung kini terlihat pinggir jalan digali untuk memasang kabel. Bahkan, penggalian kabel sampai masuk ke jalan pemukiman sehingga membuat warga dongkol, karena tanahnya terlihat menggunung sehingga membuat jalan licin saat musim hujan.

Menurut petugas penggali kabel yang dimintai keterangan di di Jl Wartawan Gunungsulah Sukarame, mereka menggali kagel untuk saluran seluler XL. Warga memprotes karena beberapa waktu lalu ada galian kabel Indosat, kini jalan digali lagi untuk saluran jaringan kabel XL.

Karena itu, wajar bila Walikota Herman HN memberikan peringatan kepada perusahaan yang melakukan penggalian kabel di sepanjang ruas jalan di Kota Tapis Berseri. Pasalnya, penggalian kabel kerap kali merusak jalan.

“Sekarang kalau ada yang izin mau menggali kabel di pinggir jalan harus izin saya. Karena jalan-jalan banyak yang rusak karena habis ngegali ditinggal gitu aja, mereka harus bertanggungjawab dan mengembalikan kondisi jalan seperti semula setelah menggali kabel,” tegas Herman HN, belum lama ini.

Orang nomor satu di Kota Tapis Berseri ini juga mengatakan perusahaan terkait harus bertanggungjawab kalau melakukan penggalian. “Boleh saja kalau digali tapi dibagusin lagi. Karena dikira masyarakat, pemkot yang melakukan penggalian dan tidak diperbaiki lagi,” ujarnya.

Herman HN meminta agar adanya komitmen dari perusahaan yang menggali kabel, agar dapat memelihara dan menjaga bahkan memperbaiki jalan yang rusak akibat penggalian. Jangan seperti yang ada di Jalan Raden Intan, Jalan Cut Nyak Dien yang sampai saat ini tanahnya dibiarkan saja.

Untuk itu, lanjut Herman HN, dirinya meminta kepada jajarannya kalau ada yang meminta izin penggalian kabel, agar dapat langsung meminta izin kepada dirinya. “Suruh izin ke saya kalau ada yang mau gali-gali jalan,” tegasnya.
Herman HN menyarankan agar pihak perusahaan yang sering menggali kabel dapat memasang pipa dibawah tanah. “Kalau dipasang pipa kan enggak perlu lagi digali, tinggal masulin ke pipa aja. Liat tuh diluar negeri enggak ada lagi yang ngegali-gali kayak gini,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*