Fajar SumateraPlus Lebih Tahu Sumatera

Home | Ragom Saburai | Tanjungkarang | Sumatera | Politik | Berita Utama |

Musi Rawas Bangun Listrik Pedesaan dengan APBD

On 22-11-2012 Written by bung andi

FAJAR SUMATERA - Rasio desa berlistrik di Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), hingga akhir Oktober 2012 mencapai 81,60 persen dari 288 desa dan kelurahan tersebar di 21 kecamatan.

“Pembangunan sarana listrik di pedesaan di daerah ini dimulai sejak 2005 dengan pembiayaan APBD Musi Rawas, kemudian APBD Pemprov Sumsel, sedangkan sarana kelistrikan dibangun PT PLN ditambah beberapa jaringan yang dibangun pihak swasta,” kata Kepala Seksi Kelistrikan Dinas Pertambangan dan Energi Musi Rawas, Anwar Sadat, Rabu (21/11).

Pihaknya menargetkan 55 desa lainnya yang belum dijangkau sarana penerangan itu semua sudah dapat menikmati listrik pada 2014, dan pada 2013 akan dibangun jaringan listrik baru berikut sarana prasarananya.

Beberapa desa pembangunan jaringan sudah dilaksanakan pada 2011 tetapi belum dialiri listrik. Saat ini yang dalam proses pemeriksaan PT PLN guna dialiri listrik antara lain Desa Lubuk Pandan, Kecamatan Muara Lakitan, Desa Marga Sakti, Kecamatan Muara Kelingi dan Desa Pelawe, Kecamatan Bulang Tengah Suku Ulu.

Hal yang sama juga akan dilakukan PLN untuk pembangunan jaringan di Kecamatan Nibung. Kemungkinan listriknya akan dipasok dari pembangkit di Desa Bingin Teluk, Kecamatan Rawas Ilir atau pembangkit alternatif berupa PLTD.

“Untuk permasalahan ini kami masih melakukan koordinasi dengan PT PLN cabang Lahat dan WS2JB di Palembang,” ujarnya. Sedangkan untuk pembangkit listrik yang dibangun oleh swasta akan dibangun oleh PT Medco E&P berupa Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Desa Sungai Bunut, Kecamatan Bulang Tengah Suku Ulu.

Pada 2013 Pemkab merencanakan pembangunan listrik di Desa Sungai Bunut, Kecamatan Bulang Tengah Suku Ulu, kemudian di Desa Marga Tani, Kecamatan Muara Kelingi. Selanjutnya pembangunan jaringan listrik di Desa Rejosari, Kecamatan Megang Sakti, serta pembangunan jaringan koneksi listrik antara Desa Veteran Jaya dengan Karya Mukti di Kecamatan Muara Kelingi.

Ia berharap dukungan masyarakat setempat dan pihak-pihak lainnya agar jaringan lsitrik yang sudah dibangun namun belum dialiri listrik oleh PLN untuk dijaga sehingga tidak hilang dicuri orang.

Posted in Sumatera

Be the first to post a comment.