Amalsyah Beri Materi 4 Pilar Kebangsaan

FAJAR SUMATERA – Ditengah genta demokrasi yang begitu massif, tentunya akan membuka ruang yang luas untuk  semua orang bisa berbicara, berasumsi dan memberikan pendapatnya dimuka umum.  Tak jarang hal  ini  berimpilikasi pada ketersinggungan, ketidak nyamanan dan lainnya sehingga memunculkan embrio pertengkaran dan perpecahan di antara sesama bangsa Indonesia.

Untuk mengatasi semua itu dengan menerapkan kembali, 4 pilar utama bangsa Indonesia di tengah keberagaman masyarakat yakni  Bhineka Tunggal Ika, Pancasila, Undang-Undag Dasar 1945 dan Ketetapan MPR RI.

Demikian yang dikatakan Komandan Korem (Danrem)  043/Gatam, Kolonel. Czi. Amalsyah Tarmizi saat memberikan materi pengetahuan 4 Pilar Kebangsaan, di Aula Hotel Nusantara, Jalan Soekarno-Hatta, Senin (19/11).

Amalsyah Tarmizi mengatakan, pembinaan kesadaran bela negara (PKBN) adalah segala usaha, tindakan dan kegiatan yang berhubungan dengan perencanaan, pengembangan, pengarahan dan penggunaan serta pengendalian untuk mengubah sikap dan perilaku warga negara yang tanggap terhadap permasalahan bangsa dan negara. Dengan dilandasi nilai-nilai kecintaan kepada tanah air, kesadaran bela negara, yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan bela negara, sehingga mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan menjadi kekuatan pertahanan. “Dalam hal ini, tentara adalah sebagai keamanan negara  yang memiliki pilosofi dari rakyat untuk rakyat kembali ke rakyat,” kata Amalsyah.

Sementara itu, Kepala Koordinator Daerah (Kakorda)  Provinsi Lampung, Kolonel Inf Marhasan, S.IP.,M.M mengatakan kegiatan ini diikuti oleh siswa/siswi  SMA dan SMK se- Kota Bandar Lampung.

Menurut Marhasan, rangkaian kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak 19 Oktober 2012 lalu yaitu melaksanakan Parade Cinta Tanah Air dalam bentuk debat/diskusi tingkat SLTA se Provinsi Lampung bertempat di Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung. “Selain itu  pada 13 November melaksanakan PKBN di lingkungan pemukiman bagi masyarakat binaan Kodim 0411/LT di Metro,” jelas Marhasan.

Sementara itu, Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 043/Gatam Mayor.Inf.Subagja Pujiarno mengatakan, Danrem 043/Gatam Kolonel.Czi.Amalsyah Tarmizi selalu mengingatkan tentang 4 Pilar Kebangsaan. Terutama tentang kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan UUD 1945,” kata Kapenrem.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*